Tim PKM-RE Asal Prodi Geologi UNG Lakukan Penelitian Studi Modelling Tsunami Sebagai Langkah Mitigasi Bencana Geologi

Oleh: Fikri Wantufretd hx p hr . 20 Oktober 2023 . 14:49:23

Tim program kreativitas mahasiswa bidang riset (PKM-RE) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil menganalisis temuan endapan Paleotsunami di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara.

Temuan tersebut kemudian menjadi sebuah tanda atau langkah maju dalam pemahaman bencana geologi dan pengurangan risiko di wilayah tersebut. Kecamatan Kwandang sendiri merupakan wilayah yang terletak di pesisir utara Gorontalo dan sering kali menjadi pusat perhatian karena rentan terhadap bencana geologi seperti gempa bumi dan tsunami.

Hal itu sesuai dengan penelitian sebelumnya (Pasau, Tanauma, 2011) yang mengatakan bahwa daerah Utara Gorontalo menjadi tempat dari pertemuan 3 lempeng yang saling bertumbukan pada masa Neogen. Nah seiring dengan peningkatan aktivitas Seismik di wilayah itu, penelitian kami mengenai potensi Paleotsunami dan periode ulang gempa bumi akan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam tentang ancaman yang mungkin terjadi dan upaya mitigasi yang diperlukan,” Ungkap Ketua Tim PKM-RE UNG, Tirsya Aygina Jaenet Mooduto.

Penelitian tersebut dilakukan untuk mengkaji pola spasial dan temporal kejadian gempa di laut Sulawesi dengan menggunakan data historis gempa serta menganalisis dampak tsunami yang pernah terjadi pada masa lampau melalui pemodelan geofisika dan survei geologi.

Tim PKM-RE UNG yang terdiri dari mahasiswa Teknik Geologi angkatan 2020, diantaranya Tirsya Aygina Jaenet Mooduto, Fadhil Abdillah Ahmad, Mohamad Ashar Fitrayadi R.S Kodung, Niluh Ananda Pusvita Sari, Taufik Hidayansyah dan dosen pembimbing Dr. Aang Panji Permana,ST.,MT telah melakukan ekspedisi lapangan yang intensif di daerah sekitar Kecamatan Kwandang. Dimana mereka telah mengumpulkan sampel endapan sedimen dilokasi yang diduga terkena dampak Paleotsunami dalam sejarah geologis.

Agenda

7 - 31 Maret 2022

Upload Proposal PKM

Batas Akhir Upload Proposal Program Kreativitas Mahasiswa

28 Februari - 01 Maret 2019

Pelatihan Karir bagi Alumni & Mahasiswa Semester Akhir

Pukul : 08.00 Wita S.d Selesai
di Gedung UPT. PKM UNG

11 - 24 Januari 2019

Penginputan Proposal PKM Karya Tulis dan PKM GFK

PKM GT (Gagasan Tertulis)
PKM AI (Artikel Ilmiah)
PKM GFK (Gagasan Futuristik Konstruktif)

26 Desember - 08 Januari 2018

Penginputan Proposal PKM 5 Bidang

Batas pemasukkan s/d 08 Januari 2019