Melalui Kerawang Motif Histologi, UNG Raih Medali PIMNAS 2023

Oleh: Fikri Wantufretd hx p hr . 2 Desember 2023 . 17:47:08

Universitas Negeri Gorontalo berhasil meraih medali pertama dalam gelaran Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2023. tim peraih medali Perak dalam PIMNAS tersebut adalah Tim Karawo Hits. Tim tersebut berhasil meraih perak dalam Program Kreativitas Mahasiswa – Kewirausahaan (PKM-K) kategori presentasi.

Program ini dilatar belakangi oleh keadaan dimana saat ini motif karawo yang biasa digunakan pada kerajinan karawo masih sebatas pada motif bunga, buah atau logo suatu instansi tertentu. Selain itu, karawo hanya digunakan pada acara-acara tertentu saja, seperti acara resmi pemerintah dan hari-hari besar sehingga karawo kurang memasyarakat. Hal terebut yang mendasari mahasiswa UNG untuk mencoba memodifikasi motif karawo dengan menggunakan KARAWO-HITS. Histologi sendiri adalah bagian dari ilmu kedokteran yang mempelajari tentang struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop pada sediaan jaringan yang dipotong tipis. Preparat histologi ini memiliki corak yang indah dan menarik. Oleh karena itu, motif histologi berpotensi untuk meningkatkan nilai jual dari kain karawo.

Muh. Rizki Pratama Saiu, Ketua tim PKM-K Karawo Hits, menerangkan dalam pembuatan KARAWO-HITS ini, kami menggunakan aplikasi pixelart untuk mendesain motifnya. Aplikasi ini dapat mengubah ilustrasi apapun menjadi bentuk gambar pixelate dalam waktu yang relatif singkat sehingga dapat memudahkan proses pembuatan motif KARAWO-HITS.

"Proses ini dimulai dengan memasukkan data gambar preparat jaringan manusia yang dianggap menarik, selanjutnya dengan komputasi articial intelegent (AI) gambar preparat diubah kedalam bentuk pixelate, yaitu gambar dengan resolusi rendah sehingga terlihat motif kotak kotak sesuai pola motif karawo" tutur Rizki.

Agenda

7 - 31 Maret 2022

Upload Proposal PKM

Batas Akhir Upload Proposal Program Kreativitas Mahasiswa

28 Februari - 01 Maret 2019

Pelatihan Karir bagi Alumni & Mahasiswa Semester Akhir

Pukul : 08.00 Wita S.d Selesai
di Gedung UPT. PKM UNG

11 - 24 Januari 2019

Penginputan Proposal PKM Karya Tulis dan PKM GFK

PKM GT (Gagasan Tertulis)
PKM AI (Artikel Ilmiah)
PKM GFK (Gagasan Futuristik Konstruktif)

26 Desember - 08 Januari 2018

Penginputan Proposal PKM 5 Bidang

Batas pemasukkan s/d 08 Januari 2019